PEP ASET 5 TARAKAN FIELD KEMBALI GELAR SYUKURAN DAN TAJAK

PEP ASET 5 TARAKAN FIELD KEMBALI GELAR SYUKURAN DAN TAJAK

Nunukan (28/02/2019). Sebagai bentuk rasa syukur atas capaian kinerja PT. Pertamina EP (PEP), khususnya wilayah kerja Sembakung, Manajemen Aset 5 Tarakan Field, kembali menggelar syukuran dan tajak pengeboran dua sumur minyak yang baru. Kedua sumur tersebut diberi nama SBK-PSC dan SBK-PZC. Acara yang digelar di Sebaung Desa Tepian Kec. Sembakung tersebut, dihadiri antara lain oleh Field Manager Aset 5 Tarakan yang baru, Agung Wibowo, Camat dan Danramil Sembakung, Kepala Sekolah dan Siswa Sekolah Tapal Batas (STB). Pembina STB, Haman, juga tampak mendampingi Kepala dan Siswa STB.

Camat Sembakung & Field Manager

Dalam sambutannya, Camat Sembakung, Zulkifli, S.Sos, mengapresiasi dan turut bersyukur atas kontribusi positif yang telah disumbangkan oleh unit area Sembakung sejauh ini. Zulkifli berharap agar keberhasilan tersebut juga dapat dirasakan dampaknya oleh Pemerintah Daerah dan secara khusus masyarakat sekitar area pengeboran.

Melalui kesempatan tersebut, Camat yang masih lajang tersebut, tidak lupa menyampaikan titipan arahan dari Bupati kepada jajaran manajemen PEP Aset 5 Field Tarakan. Bupati berpesan agar perusahaan memperhatikan aspek kesehatan dan perlindungan terhadap keselamatan pekerja. Bupati juga meminta agar manajemen perusahaan intens membangun komunikasi dengan komponen masyarakat dan stakeholder sekitar.

Sementara itu, Field Manager Aset 5 Tarakan, Agung Wibowo, mengatakan bahwa perusahaan sangat mengambil perhatian dan titik berat atas keselamatan pekerja. Selain tulisan dan himbaun serta jargon, praktek keselamatan juga diberlakukan secara ketat dalam aktifitas sehari-hari. Zero accident bahkan menjadi jargon manajemen dan pekerja.

Komunikasi dan sinergi dengan masyarakat sekitar juga menjadi fokus perusahaan. Kepedulian perusahaan kepada masyarakat ditunjukkan dengan berbagai paket bantuan dalam bentuk program CSR. Bentuk syukuran Tarakan Field kali ini juga kembali ditunjukan dalam bentuk pemberian bantuan biaya pembangunan rumah ibadah untuk setiap desa, bantuan Komputer untuk Koramil Sembakung dan bantuan CSR untuk STB.

Melalui kesempatan tersebut, Agung meminta bantuan dan kerjasama semua pihak untuk ikut mendoakan agar pengeboran yang akan dilaksanakan di area Sebaung ini dapat berjalan lancar dan berhasil menemukan cadangan-cadangan minyak baru. Apa yang dilakukan oleh PEP tidak lain untuk mendukung pemenuhan energi nasional.

Di saat kebutuhan dan permintaan akan energi nasional terus mengalami peningkatan, tren produksi justeru terus mengalami penurunan. Oleh sebab itu, PEP sebagai anak perusahaan PT. Pertamina yang bergerak di sektor hulu, agresif mencari dan menemukan cadangan-cadangan minyak dan gas baru melalui pengeboran sumur-sumur minyak di lokasi yang diyakini memiliki cadangan minyak yang besar. Jika pengeboran yang dilakukan ini sukses, maka unit area Sembakung diyakini Agung akan menjadi salah satu tulang punggung produksi Aset 5 kedepannya.

Aset 5 Tarakan Field kembali menargetkan untuk melakukan pengeboran sebanyak 11 sumur di wilayah Sebaung pada tahun 2019 ini. Pengeboran sumur ini sendiri menggunakan Rig dari Pertamina Drilling Service Indonesia (PDSI) dengan jenis pengeboran directional "J" type dengan lama pekerjaan rata-rata 23 hari/sumur. Setiap sumur yang rata-rata memiliki kedalaman hingga 1400 meter tersebut diharapkan dapat menghasilkan sekitar 350 BOPD/hari.

Menurut Agung lagi, hasil pengeboran yang dilakukan PEP Aset 5 Field Tarakan terhadap 8 sumur baru di wilayah Sebaung pada tahun 2018 yang lalu menunjukkan kinerja yang menggembirakan. Produksi minyak PEP Tarakan berada di angka 2.553 barrel oil per day (BOPD) atau 113,5% dari target.

Saat ini, produksi yang dihasilkan oleh Field Tarakan rata-rata mencapai 2.300 barrel oil per day (BOPD). Area Sembakung sendiri berkontribusi sekitar 1700 BOPD. Sisanya dikontribusikan oleh sumur-sumur tua yang ada di Tarakan.

Foto : Eko Yudha

Dipost Oleh Harman

Menulis untuk mengabadikan diri...

Post Terkait

Tinggalkan Komentar