Warna Baju Bodo Cerminkan Kejujuran Perempuan Bugis Makassar

Warna Baju Bodo Cerminkan Kejujuran Perempuan Bugis Makassar

Suku Bugis-Makassar (baca: Bugis) merupakan salah satu suku di Indonesia yang menjunjung tinggi adat budaya dan adat istiadatnya. Salah satu warisan adat budaya suku yang mayoritas mendiami wilayah Provinsi Sulawesi Selatan ini adalah pakaian adat Baju Bodo. Baju Bodo juga dikenal sebagai salah satu busana atau baju adat tertua di dunia.

Dahulunya, Baju Bodo yang terbuat dari bahan dasar kain kasa yang tipis dikenakan perempuan Bugis tanpa tambahan pakaian dalam atau penutup payu dara. Dari balik Baju Bodo yang dikenakannya, lekuk tubuh dan bahkan bentuk payu dara seorang perempuan Bugis terlihat dengan sangat jelas.

Masuknya pengaruh Islam di Sulawesi Selatan, kemudian membawa perubahan/penyesuaian pada penggunaan Baju Bodo. Busana transparan ini kemudian dipasangkan dengan baju dalaman berwarna sama, namun lebih terang.

Baca : https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/baju-bodo

Baju Bodo ternyata tidak hanya mencerminkan adat. Baju Bodo juga melambangkan usia, martabat dan status sosial pemakainya. Usia, martabat dan status sosial ini dapat dikenali dari warnanya.

Menurut guide wisatawan yang sehari-hari nongkrong di Benteng Fort Rotterdam Makassar, Alfred, penggunaan Baju Bodo' juga mengirimkan sebuah pesan keterbukaan dan kejujuran dari seorang perempuan Bugis. Seorang perempuan Bugis sejak dini dibiasakan terbuka mengenai dirinya kepada siapapun di sekitarnya. Namun keterbukaan dan kejujuran tersebut tetap harus berada dalam koridor adat istiadat yang berlaku.

Bagi seseorang yang sedang mencari jodoh, informasi usia, martabat dan status sosial wanita incarannya dapat dikenali dari warna baju bodo yang dikenakannya. Bagi yang mencari gadis (perawan) pendamping dari kalangan rakyat jelata, dapat mendekat ke kelompok wanita yang berkebaya merah. Namun pria yang menginginkan wanita yang lebih dewasa dan berpengalaman, dapat melakukan pendekatan kepada wanita yang menggunakan kebaya warna ungu.

Berikut makna-makna yang dikandung dari warna Baju Bodo yang dikenakan perempuan Bugis.

  1. Warna jingga, dipakai oleh perempuan umur 10 tahun.
  2. Warna jingga dan merah digunakan oleh perempuan umur 10-14 tahun.
  3. Warna merah untuk 17-25 tahun.
  4. Warna putih digunakan oleh para inang dan dukun.
  5. Warna hijau diperuntukkan bagi puteri bangsawan
  6. Warna ungu dipakai oleh para janda

Lihat : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Baju_bodo)

Makassar, 4 Juli 2019

Dipost Oleh Harman

Menulis untuk mengabadikan diri...

Post Terkait

Tinggalkan Komentar